Ads Here

Wednesday, November 26, 2014

Cara ternak Kenari


Sekarang ini bakal saya bagi bagikan tentang cara ternak Burung Kenari, dimana burung ini banyak diminati para penghobi kicaumania, baik itu sebagai aduan juga sebagai variasi untuk isian burung kicau lainnya. Umumnya burung kanari itu berbentuk kecil seperti burung gereja hanya saja ia punyai warna khas berwarna kuning dan punyai suara yang bagus deh pokoknya.
 
Sejauh yang saya tahu nih kebanyakan burung kenari yang dibudidayakan itu adalah jenis kenari Lokal, karena harganya yang tergolong murah, kalau dipasaran kira kira berkisar antara  Rp 200.000 s/d 300.000 per ekor *tapi ini masih bahan*. jadi untuk membeli sepasang burung kenari kita bisa  anggarkan keuangan sekitar Rp 600.000.
 
Jadi kalau kita mau membudidayakan burung lucu ini kita harus siapkan yang sudah pasti burungnya lah! Lalu kita siap kan sangkar atau kandang ternak. dan untuk kandang ternak ini bisa kita buat sendiri atau mengunakan sangkar biasa kita memelihara burung tersebut, ya" ukurannya sedang lah sudah cukup kok. Ya" mungkin harganya cuma Rp 150.000 aja.
 
Dan jika sudah menyiapkan sangkar burung. Kita siapkan pula tempat bertelur burung kenari yaitu berupa seperti mangkuk kecil, biasanya sih dari batok kelapa. dan kalau ga' mau direpotkan dengan kerjaan membuat atau cari sarangnya? Kita tinggal membelinya aja! Di pasar burung juga sudah banyak tersedia'. lalu kalau sudah siap semua itu tinggal bagaimana kita menjodohkannya saja.
   
Untuk Burung kanari  Jantan biasanya berukuran lebih kecil dari si betina juga kalau ditiup di bagian duburnya biasanya terdapat tonjolan pada daerah tersebut. Sedangkan pada Burung Kenari Betina kalau ditiup tiup di bagian duburnya tuh tonjolannya cenderung agak lebih dalam. dan kalau sudah bisa tentukan dari indukan burung tersebut, tinggal kita satukan dalam sangkar ternak yang sudah di siapkan tadi!. Tetapi kalau terdapat masalah pada penjodohan kedua indukan ini? Kita bisa mengakali dengan memisah kan keduanya dengan kandang yang terpisah!

Lalu seringlah dijemur jemurkan di panas matahari, antara pukul 08.00 s/d 10.00, juga bisa kita siasati dengan pemberian makanan tambahan berupa telur puyuh dan daun sawi putih.dijamin deh kalau kita mau bersabar pasti nanti berhasil kok'. Dan kalo dah mau jodoh trus mau kawin. tinggal tunggu deh telurnya!.
 
Biasanya waktu pengeraman burung kenari sekitar 16 hari. Juga telurnya biasanya berjumlah 3 s/d 4 telur,  dan kalau waktu pengeramannya sudah usai dengan seiringnya penetasan telur, kenari jantan bisa di pisahkan! Ini mungkin terkait dengan perlindungan anak burung kanari yang harus dilindungi dari si pejantan. Jika anakan burung kenari sudah mencapai usia 1 bulan bisalah kita panen hasilnya. untuk 1 ekor kenari jantan umur 3 bulan bisa dihargai sekitar Rp 250.000. jadi kalo ada 3-4 ekor anakan burung kenari, kita bisa dapatkan untung sekitar Rp 800.000 dengan asumsi biaya pakan sebesar Rp 150.000 selama 2 bulan.
 
   

No comments:

Post a Comment