Ads Here

Saturday, November 29, 2014

Tips dan Cara Ternak Burung parkit

Tips and trik juga cara untuk beternak burung parkit bagi pemula. Semua ini bakal saya bagi buat kamu semua yang kepengen juga ingin agar bisa membudidayakan burung cantik ini. Oke sedikit kisah tentang pengalaman membudidayakan burung parkit. Awalnya saat itu membeli satu ekor anakan burung parkit berwarna hijau, waktu membelinya seharga Rp 40.000. Iseng iseng memeli- haranya hingga dewasa eh, ada tetangga menawarkan burung yang sama jenisnya (Parkit)  dengan harga Rp 55.000.

Dan kebetulan juga parkit yang pertama saya beli jenis pejantan dan punya tetangga berjenis betina, akhirnya punya sepasang burung (parkit). Dan kita mulai aja ya" untuk bagaimana peroses pengembangbiakan burung Parkit ini.

1.kalau kamu sudah punya sepasang burung parkit. kamu bisa langsung menyesuaikan dengan pembuatan kandang ternak? Tetapi bagi kamu yang kesulitan untuk bisa bagaimana cara membedakan pejantan dan betina. Tipsnya gampang  kok tinggal bedakan saja dari paruh bagian atasnya tepat di ceruk hidungnya kalau berwana biru berarti parkitnya pejantan. Tetapi kalau berwarna putih merujuk ke warna krem berarti parkitnya betina, simple kan?

2.Sekarang membuat sangkar. kalau tujuan kamu hanya untuk experimen atau coba coba, kamu bisa gunakan kandang berukuran 1m×50cm dengan menggunakan kawat ram. Karena kandang Burung Parkit harus terbuat dari yang berbahan logam (Besi). Setelah itu tinggal bagaimana kamu menyesuaikan saja menurut selera kamu untuk membuatnya.

3.Sangkar burung parkit ini biasanya terbuat dari kayu berbentuk kotak dengan ada lobang pada bagian tengahnya, dan biasa disebut dengan glodok, sama seperti sangkarnya burung Lovebird. Kalau kamu kesulitan untuk membuatnya, kamu tinngal membelinya saja di pasar burung terdekat! gampang kan?

Setelah semua hal yang dibutuhkan terpenuhi, kamu sudah bisa memulainya, tinggal penempatanya saja yang harus dilakukan. Biasanya tempat itu berada pada tempat yang teduh,tidak berisik, juga hindarkan dari segala penggangu seperti kucing, semut, juga cicak. Setelah itu  bisa dah memulai membudidayakan burung parkit.

Biasanya proses perjodohan Parkit sangatlah mudah, cukup diberi pakan tambahan berupa kangkung, sawi, juga wortel parut dan makanan sehari harinya adalah Jewawut atau Milet. Setelah peroses perjodohan berhasil, tinggal tunggu deh kapan menelurnya? Dan kalau sudah bertelur biasanya sang betina akan tinggal didalam glodok dengan waktu yang cukup lama dan si jantan akan terus mengoceh (bernyanyi) di dekat glodok. biasanya burung parkit bertelur sebanyak 3-5 butir telur.

Lama pengeraman burung parkit selama 24 hari, biasanya saat waktu seperti ini pakan harus diberi cukup banyak juga dengan pakan tambahanya. Dan kalau sudah menetas pakan yang diberikan harus lebih banyak! Mengingat anakan burung parkit memerlukan gizi yang cukup. apalagi kalau anakannya bisa mencapai 5 ekor, itu berarti lebih banyak konsumsi untuk pakanannya.

No comments:

Post a Comment